Friday, July 31, 2015

kliping tentang aneka kerajinan ragam hias tekstil Indonesia.

Tugas pku : membuat kliping tentang aneka kerajinan ragam hias tekstil Indonesia.
http://smktunasharapanpati.sch.id/ppdbtunas/images/logo%20tunas%20warna.png
Nama :
·         Ferry Maulana Kurniawan (14)


SMK TUNAS HARAPAN PATI 2015/2016


1.)    Ragam hias flora
Motif hias ini berdasarkan pada tumbuh-tumbuhan yang hidup di sekitar. Bentuknya ada yang berupa akar, daun, bunga, biji, tunas, buah, ranting, atau pohonnya. Contohnya adalah motif hias bunga teratai yang dalam ajaran Buddha berhubungan dengan simbol kelahiran. Contoh yang lain adalah motif hias pohon kehidupan (kalpataru) yang diterapkan pada gunungan wayang. Nilai simbolik yang terdapat pada pohon tersebut adalah dunia tempat tinggal manusia saat ini yang dibagi menjadi dunia atas tempat para dewa bertahta dan dunia bawah tempat mahluk biasa tinggal.
Contoh
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/imggalery/1585.jpg
Asal daerah Tasikmalaya, jawa barat.
Asal daerah Madura.
Asal daerah Garut.


2.)    Ragam hias fauna
Fauna atau satwa menjadi dasar terbentuknya motif hias ini. Satwa darat, air atau yang hidup di udara dan bahkan ada pula satwa khayal dibuat sebagai motif hias. Kadal, kerbau, belalang, ikan, ular, kuda, singa, gajah, burung, rusa, dan mahluk ajaib naga atau makara (ikan berbelalai) adalah beberapa satwa yang sering dijadikan motif hias. Nilai simbolik tampak pada seekor satwa berkenaan dengan alam kehidupan. Sebagai contoh ular mewakili dunia bawah atau air yang bermakna sebagai pembawa jenazah mendiang untuk menyeberang dan burung dianggap mewakili dunia atas yang membawa arwah ke alam atas.
Contoh
http://satulingkar.com/images/20120424072401P4230322.JPG
Asal daerah Cirebon.
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTG1OeswJ9H_VAc7wmYMRjpMsrdO6YQeTbSbEeQwnto4UDq5ZWw
Asal daerah Garut.
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQoCiw9ZqzoEcwQIDsSlTo3ot_ApuEL8m0lS4l2L-K2Nk1Gb89t
Asal daerah Solo.
3.)    Ragam hias geometris
Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris dan kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Gaya ragam hias geometris dapat dijumpai di seluruh Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Ragam hias geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris ke dalam satu motif ragam hias.


Contoh
Asal daerah Pekalongan.
Asal daerah Pekalongan.

Asal daerah Pekalongan.


4.)    Ragam hias dekoratif.
ragam hias yang bersifat arti_sial dan biasanya merupakan penggabungan dari beberapa inspirasi ragam hias pada kelompok yang ada sebelumnya yang dimodi_kasi sehingga menjadi sebuah bentuk ragam hias yang baru dan memiliki nilai estetika tersendiri.
 Contoh
Asal daerah Cirebon.
Asal daerah Riau.

Asal daerah Cirebon.

No comments:

Post a Comment